Adhyaksa Shooting Club Bibit Juara Profesional

(kanan) Dr Masyhudi SH MH

Adhyaksa Shooting Club Bibit Juara Profesional

suarahukum.com - Setelah sepekan menyelenggarakam pertandingan dar der dor dalam acara Adhyaksa Shooting Club (ASC) Ketua Panitia penyelenggara kejuaraan menembak Jaksa Agung Cup 2022, Dr Masyhudi SH MH yang juga Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat ini menyatakan bahwa penyelengaraan acara yang digagas bersama Persatuan Jaksa Indonesia (Persaja) ini berlangsung sejak 27 Juni sampai 3 Juli tersebut telah sesuai kebutuhan organisasi Kejaksaan dan panggilan Negara.

"Kewajiban Adhyaksa ambil peran bersama penggiat olahraga menembak di Indonesia untuk meningkatkan prestasi menembak," kata Masyhudi saat menutup kegiatan ACC si Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Minggu (3/6/2022).

Lebih lanjut didepan pimpinannya Jaksa Agung Burhanuddin dan tamu undangan seperti Ketua MPR Bambang Soesatyo, Kepala BNN Petrus Reinhard Golose, Ketua Komisi Yudisial (KY) Mukti Fajar Nur Dewata serta para Artis seperti Raffi Ahmad, Masyhudi menyampaikan terimakasihnya kepada PB Perbakin, yang telah membantu tenaga, pikiran, waktu, moril maupun materiil dalam suksesnya penyelenggaraan ASC ini.

Selain itu, Masyhudi juga mempertandingkan duel plat antar para pimpinan Kementerian atau Lembaga yakni Ketua MPR-DPR Bambang Soesatyo dengan Panglima Komando Operasi Udara I Pangkoopsud I TNI AU Marsekal Muda TNI Tedy Rizalihadi. Dalam pertandingan kategori Kelas Eksekutif Duel Plate ini, yang berhasil menjadi Juara I, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Juara II Marsda TNI Tedy Rizalihadi.

Lebih lanjut Masyhudi mengtakan selama sepekan lomba ini, cabang yang dipertandingkan yakni cabang menembak air rifle dan air pistol 10 Meter, dengan peserta 364 orang shooter dengan air rifle 10 kategori. Sedangkan, air pistol 10 kategori dan masing masing kategori terdapat juara I, II dan III dengan total juara 60 Juara.

Sedangkan pertandingan Internasional Practic Shooting Confederation (IPSC) dilombakan, tembak reaksi dengan 6 kategori, yaitu Production, Production Optic, Classic, Pcc, Open, Standard. Dengan masing-masing kategori juara I,II dan III, dengan total juara 18 Juara.

Sementara itu, Jaksa Agung, ST Burhanuddin dalam sambutanya mengatakan Indonesia mempunyai talenta menembak yang luar biasa. Karena telah menjuarai berbagai pertandingan di seluruh dunia.

Selain itu, Jaksa Agung juga mengapresiasi Ketua Panitia Masyhudi, karena telah berhasil mensukseskan penyelengaraan kegiatan menembak ini. Dengan harapan agar ke depannya kegiatan ini dapat berlamgsung secara rutin setiap tahun dan harus mampu menghasilkan bibit juara yang profesional, baik ditingkat nasional maupun internasional.

“Kejuaraan akan dilangsungkan terus menerus. Karena momentum seperti ini bukan saja sebagai ajang menghasilkan atlet menembak, tetapi juga ajang silaturahmi, sebab sudah dua tahun kita tidak bisa berkumpul,” ujarnya.

Forwaka

Selain itu, para wartawan yang tergabung di Forum Wartawan Kejaksaan Agung (Forwaka) juga turut andil dan mengikuti kompetisi menembak tersebut. Dibawah komandoi Zamzam Siregar, taem Forwaka mengutus 11 anggotanya dalam kompetisi ini.

Menurut Ketua Forwaka Zamzam Siregar, partisipasi Forwaka dalam event kejuaraan menembak kali ini membuktikan makin meningkatnya harmonisasi hubungan kemitraan yang terjalin antara Kejaksaan Agung (Kejagung) dengan Forwaka.

“Kesempatan ini juga sebagai pengalaman, khususnya anggota Forwaka yang memang baru kali ini dilibatkan. Semoga hal ini akan lebih meningkatkan hubungan kemitraan yang lebih baik lagi” kata Zamzam saat menanggapi undangan dari panitia pelaksanaan kejuaraan tersebut.

Meskipun belum berhasil menjadi jura, namun setidaknya anggota Forwaka telah membuktikan kemampuannya dalam kegiatan menembak pistol yang berjarak 15 meter.

Apresiasi

Berbagai pujian dan apresiasi pun banyak dilontarkan kepada Masyhudi terkait kesuksesannya menyelenggarakan perlombaan menembak tersebut. Salah satunya datang dari Ketua Dewan Pembina Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) Drs. Sokhiatulo Laoli MM.

Menurut Sokhiatulo Laoli yang juga mantan Bupati Nias preode 2011 - 2021 ini mengatakan bahwa acara menembak yang diselenggarakan Kejaksaan ini luar biasa dan sukses. Suksesnya event ini berkat kerja keras panitia yang diketuai Masyhudi.

"Saya sangat mengapresiasi Pak Masyhudi yang juga Kajati Kalbar ini, karena telah berhasil dan sukses menyelenggarakan event besar seperti saat ini. Tentunya keberhasilan dan suksesnya perlombaan pertandingan ini, tak lepas dari kinerja Ketua panitiamya, yaitu Pak Masyhudi," ujar Laoli kepada Amri Siregar di Lapangan Tembak Senayan, Minggu (3/6/2022).

Untuk kedepannya, Laoli berharap agar acara ini dapat berlangsung setiap tahun dan menjadi agenda rutin Kejaksaan. Selain itu Korps Adhyaksa juga harus membina kader-kader mudanya, agar dapat menjadi penembak jitu

Sedangkan menurut Direktur Regional Internasional Practic Shooting Confederation (IPSC) Indonesia Bambang Trihatmodjo mengapresiasi kegiatan lomba menembak ini. Dan dia berharap agar kegiatan ini bisa rutin seriap dapat menjadi agenda tahunan.

"Pertandingan ini saya harapkan bisa rutin dan menjadi agenda tahunan.' ucapnya singkat saat ditemui disela Kejuaraan Jaksa Agung Cup 2022 di Lapangan tembak Perbakin, Jakarta, pada Sabtu (2/6/2022).

Mantan Ketua Umum Persatuan Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin) ini menambahkan pertandingan lomba menembak ASC ini dapat mengasah keterampilan para peserta dan atlet menembak Indonesia, mengingat ada kejuaraan menembak dunia di Thailand pada November 2022 mendatang.

"Pertandingan ini dapat mengasah keterampilan para peserta apalagi bulan Nopember ini ada lomba menembak di Thailand sehingga dengan pertandingan ini dapat nomor terbaik pada lomba nanti (di Thailand)," ungkpnya.

Lebih lanjut Putra mantan Presiden Suharto ini mengapresiasi kerja keras panitia acara di bawah Ketua Umum ASC Masyhudi yang telah membawa gelaran lomba menembak ini menjadi olahraga yang diminati banyak orang, mulai dari pelajar, profesional dan masyarakat umum. (Ams)

Priadi dan Sukron Hari Ini Dijadwalkan Sidang Putusan
Jaksa Hattrick Lawan Tersangka Korupsi di Prapradilan