Tahanan KP3 Selfie dan Live Video di Facebook

Tahanan KP3 Selfie dan Live Video di Facebook

suarahukum.com - Dalam Peraturan Kapolri No 4 Tahun 2015 tentang Perawatan Tahanan di Lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia, yang ditandatangani Kapolri Badrodin Haiti, tanggal 4 Juni 2015, jelas tertulis larangan mengambil gambar dalam ruang tahanan.

Namun hal tersebut sepertinya tidak diketahui oleh akun facebook (FB) ‘Bryan Rayy Shaka Putra’ yang mengaku berada dalam tahanan KP3. Didalam komentar foto dan video yang diunggah, salah satu temen FB mengomentarinya.

"Bee mosok iyo kasus sabu ditembak (masak kasus sabu ditembak), kan seng ditembak biasae kriminal (biasanya yang ditembak kriminal)," tanya akun FB bernama Endel S'prapat.

Bryan Rayy pun menjawab. "Yo iku buktie bolong ngunu mbakku (ya itu buktinya berlubang), KP3 laen karo laine, lek kenek kene gak dialem (KP3 beda dengan yang lain, kalau ketangkap sini engga dimanja). Perkoroku wuakeh mbakku soale tak borong khabe (perkaraku banyak, karena saya ambil semua). Narkobanya (pasal) 114, 112, 132, Kriminalnya 365, 363," jawabnya.

Sementara, saat dikonfirmasi dengan adanya video yang diunggah dimedsos oleh salah satu tahanan, Kapolres Tanjung Perak Surabaya, AKBP Ganis Setyaningrum membantahnya. "Sudah kami cek tidak ada orang tersebut," kilahnya, peraturan yang diterapkan kepada tahanan sangat ketat.

Diketahui, akun Facebook bernama ‘Bryan Rayy Shaka Putra’ saat di tahanan sering mengunggah foto-foto selfie dan video siaran langsung. Bryan pun pamer kegembiraannya bersama teman-temannya saat didalam penjara. Aksi pamer tersebut ada sejak Agustus hingga September 2020.

Tidak hanya tahanan pria, tahanan perempuan pun senang berada di tahanan. Salah satu tahanan yang dikenal yaitu Mia warga Kalianak Timur Surabaya dengan akun FB Sam Buchi. Ia terlihat mengabadikan kebersamaannya di dalam sel KP3. (Am)

Pendeta Cabul Hanny Layantara Diputus 10 Tahun
Penyidik Polsek Mulyorejo Diduga Jual Pasal Rp 5 Juta