Sterilisasi & ISO9001:2008 PT Kasa Husada Wira Jatim Diragukan

Sterilisasi & ISO9001:2008 PT Kasa Husada Wira Jatim Diragukan

suarahukum.com - Pabrik alat kesehatan PT Kasa Husada Wira Jawa Timur, merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Jawa Timur, yang didirikan oleh pengusaha Belanda dengan nama NV Verbandstoffen Fabriek Soerabaia pada tanggal 11 Juni 1926.

Setelah beberapa kali mengalami perubahan, perusahaan yang memproduksi Kapas dan Kasa untuk keperluan kesehatan dan kosmetika, serta pembalut wanita, kinerja managemen akhir-akhir ini diragukan.

Diragukannya, lantaran perusahaan yang mengklaim sudah memenuhi Standar Farmakope Indonesia IV dan telah meraih sertifikat Sistem Manajemen Mutu Internasional ISO9001:2008 sejak tahun 2006, diduga tidak sesuai dengan ketentuan ataupun mutu produk yang ada.

Hal ini diperkuat adanya temuan suarahukum.com dilapangan, yang mana produk andalan PT Kasa Husada Wira Jawa Timur, yakni Kasa 16, dibuat dirumah warga. Pembuatan produk Kasa 16, sterilisasi-nya sangat diragukan. Padahal, dalam SOP yang sudah dibuat, fungsinya untuk mencegah efek samping yang mungkin ditimbulkan. Apakah saat ini sterilisasinya menggunakan Uap (Steam), Ozon, Sinar Gamma, dan Etilene Oxide?

BACA JUGA: Produk Medis Pemprov Jatim Dibuat di Rumah Warga

Pada suarahukum.com, Direktur Utama PT Kasa Husada Wira Jatim, Agung Rusmiadi baru-baru ini mengaku, proses pembuatan dirumah warga, tidak lain hanya pelipatan saja. "Hanya proses pelipatan saja yang kita kerjakan diluar," akunya, sudah berjalan hampir 10 tahun lamanya.

BACA JUGA: Pembalut Wanita Pemprov Jatim Terbuat Dari Sisa Produksi Kapas Borok?

Tidak hanya produk unggulan Kasa 16, produk lain yakni pembalut wanita merek Tela, diakui Agung terbuat dari sisa produksi. "Itu bukan limbah kotor, tapi itu sisa-sisa produksi. Karena kita tidak memakai bahan pemutih, coba bandingkan barang yang sedikit murah dari produk kita pastinya putih sekali. Berwarna ke abu-abu'an itu kita buat murni (tanpa ada campuran bahan pemutih, red)," dalihnya pada suarahukum.com. (Am)

Ngaku Polda Jatim, Grebek Toko di WTC Main-main
Dimas Kanjeng Taat Pribadi Dihukum 18 Tahun