Sabhara Polrestabes Surabaya Amankan Ratusan Mihol

Sabhara Polrestabes Surabaya Amankan Ratusan Mihol

suarahukum.com - Selama tiga bulan dalam masa PPKM, Polrestabes Surabaya amankan ratusan minuman keras (miras) beralkohol. Miras tersebut diamankan, karena tanpa mengantongi Surat ljin Usaha Perdangan (SIUP) dan surat jin Usaha Perdagangan Minuman Beralkohol (SIUP-MB).

Selain miras, Polrestabes Surabaya juga mengamankan balap liar sepeda ontel. Beberapa orang diamankan Sat Sabhara Polrestabes tiga bulan selama PPKM. Diantaranya yaitu RBK (41), AS (28), RF (20), CAP (16), DS (18), YSN (16) dan MRM (20).

Pengamanan balap liar sepeda ontel serta knalpot brong di beberapa tempat wilayah Surabaya diantaranya Jalan Sepat, Keputih Timur, Tidar, Bringin, Sememi Jaya, Margomulyo, Semampir, Lakarsantri, Made Utara, Sepat Lidah Kulon, Simomulyo, Kemlaten Baru, Mastrip, Balas Klumprik, dan Jalan Dinoyo Surabaya.

Pada rilisnya, Kasatsabhara Polrestabes Surabaya, AKBP Herman Priyanto mengatakan bahwa para pelaku penjual miras tanpa disertai dengan ijin dari dinas terkait. Sementara balap Liar dengan menggunakan media jalan tidak sesuai dengan peruntukannya dengan menutup jalan.

"Kita amankan beberapa orang penjual miras, serta pembalap liar sepeda angin. Selain itu motor yang berknalpot brong, bagi pemilik kendaraan yang disita harus melengkapi dengan menunjukan surat-surat serta bagi yang menggunakan knalpot brong harus menggantinya terlebih dahulu," katanya, Jumat (19/3/2021) pada wartawan.

Barang bukti miras yang berhasil diamankan ada ribuan miras. "Sekitar 1000 botol arak atau cukrik berbagai ukuran, anggur merah 100 Botol, Martel 5 Botol, Chivas 5 Botol, Paloma 120 Botol, Vodka 80 Botol, lce Land 20 Botol dan Gilbeys 8 Botol. Untuk sepeda angin yang disita ada 58 unit dan Sepeda Motor 191 unit kendaraan," tambah AKBP Herman.

Dalam hal ini, mereka diduga melanggar peraturan daerah kota Surabaya Pasal 62 (1) (2) jo Pasal 28 Perda nomor 1 tahun 2010 tentang Perindustrian dan Perdagangan.

Selain itu, juga ada yang melanggar Perda Kota Surabaya Pasal 12 jo Pasal 8 Nomor 10 tentang ketentuan pengunaan Jalan. Perda Kota Surabaya Nomor 02 tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Kota Surabaya Nomor 2 Tahun 2014 tentang penyelenggaraan ketertiban umum dan ketrentaman masyarakat. "Semuanya akan dilakukan pembinaan dan Proses Sidang Tipiring," pungkasnya. (Am)

Mencoba PTSP Online di Pengadilan Tinggi Surabaya
DPC KAI Silaturahim ke Pengadilan Negeri Gresik