Ruslan dan Ngarip Didakwa Rusak Pagar Sinar Galaxy

Ruslan dan Ngarip Didakwa Rusak Pagar Sinar Galaxy

suarahukum.com - Dianggap merusak pagar PT Sinar Galaxy (SG), Ruslan dan Ngarip menjadi pesakitan Ruang Garuda 1 Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Kamis (25/3/2021) secara online.

Keduanya dalam dakwaan bersama Khoirul Anam, Agus Prasetya, Minto dan Yanto merobohkan pagar PT SG, Jumat 10 Januari 2021 lalu. Pagar besi itu didirikan untuk membatasi antara tanah milik PT Sinar Galaxy di Jalan Perumahan Manyar Kertoadi Surabaya. Setelah roboh, pagar dipindahkan ke tempat lain. Akibatnya, para terdakwa Pasal 170 ayat (1) KUHP.

Dalam sidang, JPU menghadirkan saksi Roy Refanus selaku karyawan bagian perizinan PT SG. "Saya dapat laporan dari security ada beberapa meter pagar yang rusak. Saya lihat foto-fotonya," ujarnya, saat memberikan keterangan sebagai saksi dalam sidang.

Menurut Roy, pengerusakan pagar itu buntut dari sengketa tanah yang dikuasai PT SG. Para terdakwa tanah itu milik desa atau tanah gogol. Namun, mereka tidak bisa menunjukkan bukti-bukti kepemilikan. Berulang kali para terdakwa ingin mengajak bicara perusahaan tersebut membahas tanah itu. "Mereka tidak ada alas haknya tidak ditanggapi. Kami sarankan tempuh jalur hukum saja," tambah saksi.

Sedangkan terdakwa Ruslan, mendengar keterangan saksi membantah melakukan perusakan. "Saya tidak merusak sama sekali. Saya cuma menarik-narik saja," akunya.

Dalam dakwaan JPU I Gede Willy Pramana dari Kejari Tanjung Perak Surabaya, PT SG memperoleh hak guna bangunan (HGB) nomor 231 atas tanah yang terletak di Kel Gebang Putih, Kecamatan Sukolilo seluas 93.450 meter persegi tersebut pada 1994 lalu. PT SG menguasai tanah itu berdasarkan bukti tersebut. (Am)

Apes! Habis Ditransfer BCA, Ardi Dituntut 2 Tahun
Seorang Tambal Ban Buka Tutup Phoenix Club