Polrestabes Surabaya Amankan Jutaan Pil Koplo

Polrestabes Surabaya Amankan Jutaan Pil Koplo

suarahukum.com - Dalam kegiatan Operasi Tumpas Semeru 2018, Polrestabes Surabaya berhasil menemukan jutaan Pil Koplo jenis doble L beserta 6 tersangka jaringan antar Provinsi. Mereka adalah, EN (34), AL (47), MT (25), warga Surabaya, sedangkan EO (25), ST (35) warga Jakarta Utara, dan TD (25) warga Tangerang.

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan, pada suarahukum.com mengaku, barang haram itu diproduksi dari Jawa Barat, kemudian dikirim ke Surabaya dan disebarkan ke Kabupaten/Kota di Jawa Timur.

"Peredaran Pil Koplo di Surabaya cukup masif, bahkan peredarannya berpangsung selama empat tahun, mereka (tersangka, red) bandar besar yang sering mengirim jutaan pil koplo melalui jasa pengiriman ekspedisi, sistem penjualannya eceran perbungkus 10 butir. Para pelaku memanipulasi kemasan dengan label vitamin, sehingga terlihat obat biasa yang biasa diterjual di apoteker," terangnya.

Dalam jumpa pers, terlihat Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, Kepala BNN Kota Surabaya Suparti dan BNNP Jatim.

Risma mengaku senang dengan ungkap kasus Polrestabes Surabaya. Karena, selama ini Satpol PP Kota Surabaya menjaring pemuda-pemuda dijalanan kerab ditemukan mabuk Pil Koplo.

"Saya sangat berterima kasih pada Polrestabes Surabaya juga BNN Kota Surabaya, yang sudah mengamankan jutaan pil koplo ini. Karena selama ini pihak Satpol sering menemukan anak-anak yang mengonsumsi Pil Koplo ini," kata Risma saat jumpa persnya.

Selain ucapan terima kasih, Risma juga memberikan penghargaan kepada Kapolrestabes Surabaya dan Kapolsek Tegalsari.

Diketahui, hasil penangkapan, polisi berhasil menyita 49 kardus yang berisi jutaan Pil Koplo jenis double L, diantaranya satu kardus berisi 88 ribu butir pil koplo, tiga kardus berisi 300 ribu butir, sepuluh kardus berisi satu juta butir dan 35 kardus berisi 3,5 juta Pil Koplo Double L. (Am)

Risma Perintahkan Tutup Usaha Miras Oplosan
Jaringan Sabu Lapas Porong, Wiwin Windayanti Dituntut 12 Tahun