Pesta Sabu 2,35 Gram Warga Mojo Dihukum 3 Tahun

Pesta Sabu 2,35 Gram Warga Mojo Dihukum 3 Tahun

suarahukum.com - Pakai sabu 2,35 gram, tiga pria asal Mojo Surabaya, diantaranya Moch Syaiful Arif (42), Dedi Arifianto (36) dan M Aldi Julianto (21) dihukum 3 tahun penjara oleh Ketua Majelis Hakim Cokorda Gede Arthana, Selasa (3/3/2020).

"Menjatuhkan hukuman pidana selama 3 tahun penjara, terhadap masing-masing terdakwa," ujar hakim Cokorda, dalam amar putusannya. Setelah ketiga terdakwa dituntut 3,5 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Dinneke Absari dari Kejari Tanjung Perak Surabaya.

Mendengar putusan tersebut, ketiga terdakwa menyatakan menerima, hal senada juga diucapkan oleh JPU. "Iya kami terima majelis," ucap masing-masing terdakwa, diruang Sari 1 Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

Dalam putusan tersebut, JPU dan Hakim menilai bahwa ketiganya terbukti melanggar Pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI No 35 tahun 2009 tentang narkotika Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.

Diketahui dalam dakwaan, terdakwa Moch Syaiful Arif, Dedi Arifianto dan M Aldi Julianto, pada hari Rabu tanggal 30 Oktober 2019 sekira pukul 14.00 Wib bertempat di dalam rumah yang terletak di Jl. Kunti Kelurahan Sidotopo Surabaya

Bahwa pada waktu dan tempat, ketiganya sedang berkumpul bersama sambil mengkonsumsi Narkotika jenis sabu-sabu. Tiba-tiba datang saksi Hadi Iswanto dan saksi Fahriyanto (keduanya anggota polisi Semampir) yang sebelumnya mendapatkan informasi dari masyarakat.

Selanjutnya, pada saat dilakukan penggeledahan terhadap rumah dan badan mereka ditemukan barang bukti berupa sebuah bong atau alat hisap sabu yang terbuat dari botol plastik merk Cleo, 1 buah kompor yang terbuat dari botol Alkohol, 1 pipet kaca yang didalamnya terdapat sisa sabu yang sudah dibakar seberat 2,35 gram beserta pipetnya,

Saat diintrogasi soal barang tersebut, mereka mengaku dari sdr. Mas (Dpo) yang sebelumnya sudah disediakan oleh pemilik rumah tersebut.

Ketiganya, mendapat barang haram tersebut dengan cara membeli seharga Rp 300 ribu, yang pada sebelumnya masing-masing patungan uang sebesar Rp 100 ribu.

Akibat perbuatannya, para terdakwa didalam Web Sipp PN SBY, didakwa Pasal 112 ayat (1) Jo. Pasal 132 ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. (Am)

Danny Garibaldi Transfer Uang Penipuan ke Ibunya
Felix Lauw Agen Visa Luar Negeri Diadili