Pembobol ATM Tusuk Gigi Gondol Uang Rp 400 Juta

Pembobol ATM Tusuk Gigi Gondol Uang Rp 400 Juta

suarahukum.com - Supardi (51) warga asal Padang, Sumatera Barat dan Ryanda Winata (25) warga asal Medan, Sumatera Utara diciduk anggota Reserse Polrestabes Surabaya. Keduanya ditangkap karena membobol ATM 9 (Anjungan Tunai Mandiri).

Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Sudamiran saat jumpa pers mengatakan, untuk membobol kedua pelaku mengganjal lubang mesin ATM menggunakan tusuk gigi. “Kemudian tersangka ini berpura-pura menolongnya dan mencatat nomor pin kartu ATM korban. Setelah itu, dengan cepat tersangka menukar kartu ATM korban dengan kartu bekas atau yang tidak dapat dipergunakan lagi,” katanya, Kamis (13/9/2018).

Setelah mendapat ATM milik korban, para pelaku ini kemudian menguras ATM. “Tersangka lalu menguras uang korban secara bertahap. Selama beraksi, kedua tersangka sudah menguras hampir Rp 400 juta milik korban warga Surabaya,” terang Sudamiran.

Sudamiran menduga, aksi kedua pelaku ini bisa lebih berjumlah dari dua orang. “Supardi merupakan residivis dalam kasus yang sama pada tahun 2016 silam,” akunya.

Selain menangkap kedua tersangka, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti, diantaranya, satu pak tusuk gigi, beberapa lembar kartu ATM dan sejumlah barang yang dibeli dari hasil membobol uang korban. Seperti dua gelang emas, dua buah emas batangan dan tiga buah emas batangan palsu, motor untuk sarana dan sebuah mobil mercy jenis hatchback..

Skibat perbuatannya, kedua tersangka dijerat dengan pasal pencurian dengan pemberatan seperti yang diatur dalam Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara. (KF)

Nilai Siddhakarya, Kejagung Kunjungi Kejari Surabaya
TKI Malaysia Bawa Rice Cooker Isi Sabu 920,6 Gram