Pelaku Spamming dan Carding Kartu Kredit Bobol Rp 500 Juta

Pelaku Spamming dan Carding Kartu Kredit Bobol Rp 500 Juta

suarahukum.com - IIR (27) dan ZU (29) warga Malang ditangkap Anggota Unit II Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim. Keduanya ditangkap karena melanggar tindak pidana Spamming dan Carding. Selain keduanya, HKD (36) warga Bojonegoro yang berperan sebagai penadah juga ditangkap.

Wadireskrimsus Polda Jatim AKBP Arman Asmara Syarifuddin mengatakan, kasus bermula saat pihaknya menerima laporan adanya Spamming dan Carding yang dimodifikasi untuk melakukan kejahatan melalui jejaring sosial Facebook kolam Tuyul, tanggal 15 Maret 2018.

"Mendapat informasi ,Kami langsung melacak keberadaan pelaku melalui situs serta melakukan penangkapan IIR dan ZU saat berada di Kabupaten Malang" kata Arman di Mapolda Jatim, Selasa,(20/3/2018).

Menurut Arman Asmara, pelaku melakukan pola kejahatan dengan menggunakan ponsel pintar. "Mereka masuk dengan akun palsu di Apple dan Paypal. Dari akun tersebut, mereka bisa mencuri data berupa nomor kartu kredit, dan tanggal kadaluarsa," terangnya.

Setelah berhasil membobol kartu kridit, para pelaku membelanjakan barang-barang berharga dan barang tersebut dijual pada HKD untuk kebutuhan sehari-hari. HKD sendiri ditangkap saat berada di Diskotik Kantor Komplek Indo Plaza Semut kali, Surabaya.

Barang bukti yang diamakan oleh polisi ada 36 item senilai kurang lebih Rp 500 juta, hasil carding berupa laptop, telepon genggam, cincin dan kalung berlian, buku rekening, jam, alat kesehatan, CCTV, sepatu, nitendo, alat pemutih gigi, pembersih jamur kaca hingga air brush set.

Atas perbuatannya, pelaku IIR dan ZU dijerat Pasal 30 ayat (2) dan atau Pasal 32 ayat (1) UU RI No 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI No. 1 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan Pasal 46 (2) UU RI No 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI No 1 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan pidana penjara paling lama tujuh tahun dan denda paling banyak Rp 700 juta. Untuk HKD, dijerat Pasal 480 KUHP tentang Penadah. (Tok)

Terdakwa Sabu Diputus 1 Tahun Penjara, Jaksa Lupakan Tuntutannya
Dua Mahasiswa Penjual Ganja Online Dituntut 16 Tahun