Otak Pembobol Tokopedia Diganjar 32 Bulan Penjara

Otak Pembobol Tokopedia Diganjar 32 Bulan Penjara

suarahukum.com - Aris Prasetya, otak pembobol pulsa fiktif sistem cash Tokopedia, divonis 32 bulan penjara. Hakim menyatakan perbuatan terdakwa tetbukti melanggar pasal 48 ayat (2) jo pasal 32 ayat (2) UU RI No 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Tak hanya Aris, ketiga rekanya yakni, Ardhi Setianto, Jumar dan Doni Darmawan masing-masing dijatuhi hukuman 1 tahun 8 bulan kurungan.

Ketua majelis Anne Rosiana saat membacakan amar putusan mengatakan, ke-empat terdakwa terbukti secara sah dan menyakinkan telah melanggar pasal 48 ayat (2) jo pasal 32 ayat (2) UU RI No 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) Jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Tak hanya hukuman badan, otak pelaku pembobol pulsa fiktif, Aris Prasetyo dikenai denda sebesar Rp. 3 juta subsider 2 bulan kurungan. Sedangkan ketiga rekanya, masing-masing dikenai denda Rp. 3,5 juta subsider 3 bulan kurungan.

Sebagai pertimbanganya, hal-hal yang memberatkan hukuman, perbuatan ke empat terdakwa telah merugikan Tokopedia sebesar Rp 568 juta. Sedangkan hal-hal yang meringankan, ke empat terdakwa telah menyesali perbuatanya.

"Perbuatan terdakwa telah merugikan Tokopedia. Sedangkan hal yang meringankan terdakwa menyesali perbuatanya'' ujar ketua majlis Anne Rosiana saat membacakan pertimbangan purtusan di ruang sidang Garuda PN Surabaya, Senin (27/8/2018).

Menanggapi putusan yang dibacakan oleh majlis hakim, ke empat terdakwa menyatakan pikir-pikir.

Untuk diketahui, kasus ini berawal pada 15-17 Januari 2018 di Apartemen Gunawangsa Jl. Menur Pumpungan.

Mereka melakukan aktivasi kartu-kartu perdana Telkomsel dengan modem yang terhubung ke laptop, lalu memasukkan kartu perdana ke dalam port yang terdapat pada modem. Mereka lalu membeli pulsa Telkomsel Rp 1 juta dengan cara pembayaran BCA KlikPay.

Setelah itu, memasukkan nomor ponsel tak valid sebagai tujuan penerima pulsa, agar transaksi gagal sehingga uang pembayaran BCA KlikPay Rp 1 juta otomatis refund atau dikembalikan dan tersimpan di Tokocash milik Aris Prasetyo.

Bahwa celah pada sistem Tokopedia yang bisa membuat beberapa pembayaran transaksi menggunakan Tokocash dalam waktu bersamaan dengan satu akun.

Ini karena lalu lintas data yang tinggi menyebabkan adanya jeda waktu pada pengecekan saldo Tokocash setiap kali dilakukan transaksi pembayaran menggunakan Tokocash, sehingga jeda waktu ini yang dimanfaatkan oleh para terdakwa. (Am)

Sabu Terdakwa Gubeng Pojok Menyusut 1 Gram?
Gara-gara Selingkuh Orang ini Dikeroyok