Mencoba PTSP Online di Pengadilan Tinggi Surabaya

Mencoba PTSP Online di Pengadilan Tinggi Surabaya

suarahukum.com - Baru saja soft launching Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Online, Rabu (17/3/2021) pagi, humas Gerakan Putra Daerah (GPD) yang juga advokad mencoba aplikasi yang diinisiasi oleh Pengadilan Tinggi Surabaya.

“Program PTSP Online ini sangat mempermudah pelayahanan terutama untuk advokad. Alasannya mudah dan tidak ribet,” kata Shodiqin SH, di Pengadilan Tinggi Surabaya.

Hal itu sesuai yang diutarkan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya Dr. H. Herri Swantoro SH, MH. Menurutnya, anjungan mandiri ini melayani 21 jenis pelayanan yang meliputi kesekretariatan dan kepaniteraan.

“Di antaranya melayani permohonan izin penyitaan, pengiriman berkas perkara, serta pendaftaran perkara gugatan pidana ataupun perdata,” ujar Herri Swantoro didampingi Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya, Dr. Siswandriyono, SH., M.Hum.

Herri Swantoro meyakini, anjungan mandiri PTSP Online dapat mencegah tindakan korupsi, kolusi dan nepotisme. "Pertama, anjungan ini untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di tengah pandemi virus corona atau Covid-19. Kedua transparan, tidak akan ada lagi kongkalikong. Tidak ada kasak-kusuk karena semuanya terekam kamera," ungkapnya.

Anjungan mandiri PTSP online ini, disebut Herri telah terintegrasi dengan 35 Pengadilan Negeri di wilayah Jawa Timur. “Beberapa Pengadilan sudah diuji coba dan berhasil, untuk lainnya dalam proses,” jelasnya.

Karena PTSP online baru pertama kali di Indonesia, Herri Swantoro berharap dapat dukungan penuh dari Mahkamah Agung. “PTSP Online sebagai inovasi terbaru ini bisa menjadi preseden baik untuk perbaikan pelayanan di Pengadilan Tinggi lainnya. Untuk itu semoga ada respon baik dari Mahkamah Agung,” harapnya.

Untuk diketahui, dari 21 jenis layanan, inovasi diantara PTPS Online ini untuk mempermudah permohonan penyumpahan advokad, permohonan ijin penelitian, permohonan perpanjangan penahanan, pengiriman berkas perkara elektronik, permohonan surat keterangan, permohonan izin penyitaan, pendaftaran perkara gugatan pidana ataupun perdata. (Am)

Polda Jatim Ringkus Pengedar Sabu Bersenpi
Sabhara Polrestabes Surabaya Amankan Ratusan Mihol