Lulusan Sarjana Multimedia Jual Ijazah Palsu Rp 800 Ribu

Lulusan Sarjana Multimedia Jual Ijazah Palsu Rp 800 Ribu

suarahukum.com - Bobby Khartika (36) salah satu sarjana mutimedia di Surabaya harus berurusan dengan Polsek Sukomanunggal Porestabes Surabaya karena memalsu ijasah. Warga Jalan Kyai Abdullah Surabaya ini ditangkap bersama rekannya, Yanuar Eka Riztawan (25) warga Jalan Perum Lembah Harapan Surabaya.

Kapolsek Sukomanunggal Surabaya Kompol Muljono mengatakan, pengungkapan kasus ini merupakan hasil pengembangan kasus KTP dan SIM palsu yang dua minggu lalu berhasil diungkap oleh anggotanya. Tidak hanya membuat ijazah palsu, komplotan ini juga mampu memalsukan dokumen negara lain dan mirip dengan aslinya seperti halnya, NPWP dan SKCK.

“Bobi Khartika berperan sebagai pembuat ijazah palsu sementara Yanuar Eka Riztawan bertugas untuk mencarikan konsumen, yang ingin membuat ijazah palsu. Untuk satu ijazah palsu, bobi menarif Rp 800 ribu, sementara dijual Yanuar Rp 1,2 juta,” katanya, Kamis (4/4/2019).

Menurut Muljono, tersangka memasukan dokumen negara sejak 2 tahun belakangan. “Kalau Boby sudah 2 tahun dan Yanuar selaku marketing sudah 1 tahun. Kurang lebih ada 25 ijazah yang diterbitkan oleh Boby,” tambahnya,

Sementara kepada polisi, tersangka Bobi mengaku dirinya bisa membuat ijazah dan dokumen palsu berkat ilmu multimedia yang dipelajarinya. “Belajar di kampus Stikom Surabaya, jurusan mutimedia,” akunya.

Akibat perbuatannya, kedua tersangka dijerat pasal penipuan dan pemalsuan dokumen seperti yang diatur dalam Pasal 263 KUHP dengan ancaman hukuman paling lama 6 tahun penjara. (Jar)

2 Maling Mobil Lumpuh Diseret Temannya
Saifuddin Bawa Sabu Titipan Uman DPO