Lie Lanny Ellisanti Tipu Uang Miliaran

Lie Lanny Ellisanti saat menjalani persidangan

Lie Lanny Ellisanti Tipu Uang Miliaran

suarahukum.com - Lie Lanny Ellisanti warga Jl Lingga Kecamatan Gubeng Surabaya, harus duduk dikursi pesakitan Ruang Kartika 1 Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Selasa (13/12/2016). Perempuan 66 tahun ini disidang lantaran terjerat kasus penipuan. 

Terdakwa Lie Lanny Ellisanti, didakwa dalam Pasal 378 KUHP tentang penipuan, ujar Jaksa Damang Anubowo, didengar Ketua Majelis Hakim Harijanto.

Untuk diketahui dalam berkas dakwaan, awal mula kasus ini saat korban Sie Soebandono bersama kakaknya Charles Siantar mendatangi rumah terdakwa Lie Lanny Ellisanti di Jl Lingga, dengan maksud menagih hutang sejak tahun 2009 sejumlah Rp 10 miliar.

Selanjutnya, saat ditagih Lie Lanny Ellisanti menyampaikan kepada korban Sie Soebandono dan Charles Siantar dengan perkataan, Kamu tidak usah takut aset saya banyak, ini saya berikan tanah di perumahan Citraland blok GC 5 kav 33.

Dengan bujuk rayu, akhirnya korban pun mengikuti atas tawaran terdakwa tersebut. Selain itu, terdakwa juga mengatakan tanah tersebut akan segera dibalik nama, atas nama Sie Soebandono selaku korban.

Hal tersebut dilakukan, jika korban bisa menyerahkan uang sejumlah Rp 985 juta, guna biaya balik nama tanah di perumahan Citraland blok GC 5 kav 33 yang diakui milik terdakwa. Korban pun menyanggupinya, tanggal 21 Oktober 2015 terdakwa membuat surat pernyataan dengan isi terkait surat tanda terima tanggal 27 Februari 2015. Korban lalu menjual truk L 9789 UC dan L 9785 UC. Hasil penjualan 2 truk.

Meski permintaan dituruti, terdakwa tidak pernah membalik nama tanah yang terletak di Citraland blok GC.5/33 Surabaya. Uang Rp 985 juta pun diembat. Korban Sie lalu melaporkan Lie Lanny Elisanti ke Polrestabes Surabaya, dengan pidana dalam Pasal 378 KUHP ancaman hukuman maksimal 4 tahun penjara. (Am)

Purnawirawan Polairut Dituding Tiduri Gadis Berkebutuhan Khusus
Alasan Dahlan Iskan & Wisnu Wardana Menolak Dakwaan Jaksa