Kasus Sabu 3,773 Gram, Anggota Polsek Sukomanunggal Direhab

Kasus Sabu 3,773 Gram, Anggota Polsek Sukomanunggal Direhab

suarahukum.com - Hari Waluyo anggota Polsek Sukomanunggal, Polrestabes Surabaya dan Yoyok Winardi pegawai honorer PDAM Sidoarjo, terdakwa kasus kepimilikan sabu seberat 3,773 gram akhirnya oleh Ketua Majelis Hakim Anne Rusiana dihukum sesuai Pasal rehabilitasi.

Jaksa Sabetania R. Paembonan, dan Jaksa Rista Erna Soelistiowat menjerat terdakwa dengan Pasal 114, Pasal 132 ayat (1) UU RI No 35 Tahun 2009 tentang narkotika, bertambah Pasal 127 huruf a UU RI No 35 Tahun 2009 Tentang narkotika Jo. Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHAP. Tak heran, jika beredar suara, kedua terdakwa oleh Ketua Majelis Hakim Anne Rusiana dihukum dengan putusan 1 tahun 8 bulan saja. 

Alasan menghukum ringan kedua terdakwa, Ketua Majelis Hakim Anne Rusiana belum dapat dikonfirmasi. “Ibu (Anne Rusiana) sibuk,“ kata salah satu staf hakim, Selasa (20/2/2018).

Seperti diketahui, dalam perkara NO 3774/Pid.Sus/2017/PN SBY, terdakwa ditangkap saat Tim Bidang Profesi dan Pengamanan (Bidropam Polda Jatim melakukan tes urine terhadap terdakwa Heri Waluyo yang bertugas di Polsek Sukomanunggal, Surabaya, Senin (11/9/2017).

Dalam test urin tersebut, Heri dinyatakan positif narkoba. Karena positif, petugas lalu menyita handphone terdakwa. Dari hasil penyitaan itu di temukan sebuah pesan singkat dengan nama pengirim dari terdakwa Yoyok Winardi, dimana bunyi pesanan sudah siap dan barang bisa di antar.

Mengetahui isi pesan tersebut, Tim Subbid Paminal Polda Jatim lantas menghubungi terdakwa Yoyok Winardi untuk mengantarkan pesanan sabu di Jl Raya Randegan, Tanggulangin, Sidoarjo. Ditempat itulah, lantas dilakukan penangkapan terhadap Yoyok Winardi.

Dalam penangkapan ditemukan barang bukti sabu sesuai pesanan dari terdakwa Heri. Sabu diakui Yoyok didapat dari desa Bowo di Socah di Kabupaten Bangkalan, Madura. (Am)

Guru Cabul Santri Dihukum Berbeda
Prawiro Tedjo, Ridwan Soegijanto dan Wenas Panwell Dicekal