Kapal MT Ferimas Agung Incomerita Muat 250 Ton BBM Tanpa Dokumen

Kapal MT Ferimas Agung Incomerita Muat 250 Ton BBM Tanpa Dokumen

suarahukum.com – Dianggap menggangkut 250 ton BBM tanpa dokumen, kapal tanker MT Ferimas Agung Incomerita ditangkap Tim gabungan Eastern Fleet Quick Response (EFQR) Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) dan Dinas Pengamanan Angkatan Laut (Dispamal) menggunakan Kapal Angkatan Laut (KAL) Warakas l-5-35 yang dikomandani Kapten Laut (P) Mintono Hadi Suwanto, Kamis (14/9/2017) malam di Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS).

Komandan Satuan Keamanan Laut (Dansatkamla) Lantamal V Letkol Laut (P) Maman Nurachman pada wartawan mengatakan, berkas pemeriksaan sudah diserahkan Lantamal V kepada Ditpolair Polda Jatim.

"Tindak pelanggaran ini akan ditindak lanjuti oleh Ditpolair Polda Jatim sebagai pihak yang berhak melakukan penyidikan sesuai UU No 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi," kata Maman pada wartawan, Jumat (22/9/2017).

Selain dianggap melanggar UU Migas, kapal MT Ferimas Agung Incomerita juga disebut melanggar UU No 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran. “Kapal tersebut juga diduga melakukan pelanggaran pelayaran berupa pergerakan kapal tanpa pandu. Pelanggaran tersebut berpotensi mendapat sanksi administratif (peringatan, pembekuan sertifikat, pembekuan izin dan pencabutan) untuk hal ini penyidikkannya diserahkan kepada Kesyahbandaran Tanjung Perak, Surabaya,” terang Maman.

Sementara, Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto mengapresiasi Tim gabungan EFQR Lantamal V dan Dispamal yang telah mengamankan kapal yang sudah melakukan pelanggaran. “Dengan maraknya perompakan, pembajakan, tindakan kekerasan, perampasan dan penyelundupan serta tindakan kejahatan lainnya, memerlukan perhatian yang serius khususnya di wilayah kerja Lantamal V,” pungkasnya. (Hyu/SR)

Pengunjung Top Ten Club Coyote Bar Dipenjara 4 Bulan
Razia Satlantas Polrestabes Surabaya Temukan 2 Poket Sabu