Jual Lutung, Samsudin Dituntut 15 Bulan

Jual Lutung, Samsudin Dituntut 15 Bulan

suarahukum.com - Jual satwa liar yang dilindungi oleh negara, Samsudin dituntut 15 bulan penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Sulfikar dari Kejari Tanjung Perak Surabaya, di ruang sidang Cakra Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Kamis (14/01/2021).

"Menuntut hukuman pidana selama 15 bulan penjara denda Rp 50 juta, subsider 1 bulan kurungan," ujar Jaksa Zulfikar secara online dipersidangan.

Dalam tuntutan tersebut, JPU menilai bahwa terdakwa terbukti bersalah melanggar Pasal 21 Ayat (2) huruf a dan c Jo Pasal 40 Ayat (2) UU. RI No. 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

"Menyatakan barang bukti 4 ekor Lutung Jawa dikembalikan ke BKSDA Jatim, dan barang bukti mobil dirampas oleh negara," pungkas JPU Sulfikar

Diketahui, Samsudin menjual lutung harga per ekor Rp 500 ribu, di seseorang daerah Pelabuhan Kamal Bangkalan, Senin 5 Oktober 2020 pagi. Terdakwa mengaku mendapat untung Rp 100 ribu. Karena tidak dilengkapi dokumen yang sah, Ditpolair Polda Jatim dan BKSDA menangkap Samsudin. Polisi menemukan sebanyak 4 lutung dalam mobil Nissan Sentra Nopol N-813-NF. Terkdakwa mengaku, lutung didapat dari DPO Hedi Sanjaya. (Am)

Truk Kepresidenan Diduga Buat Mencuri Kayu
LP Bos PT Global Acces Mangkrak Sejak 2017