Hakim Putus Eddy Rumpoko 7 Tahun Penjara

Eddy Rumpoko sidang teleconference

Hakim Putus Eddy Rumpoko 7 Tahun Penjara

suarahukum.com - Mantan Wali Kota Batu Eddy Rumpoko oleh Ketua Majelis Hakim I Ketut Suarta diputus hukuman 7 tahun, denda Rp 500 juta, subsider 3 bulan penjara. Hakim menilai, terdakwa melanggar gratifikasi yang diatur dalam Pasal 12 B Undang-undang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Selain itu, hakim juga menetapkan Eddy Rumpoko membayar uang pengganti Rp 45,9 miliar. “Apabila tidak dibayar, maka diganti hukuman 3 tahun penjara,” kata Ketua Majelis Hakim I Ketut Suarta, di Pengadilan Negeri (PN) Tipikor Surabaya, Kamis (19/5/2022).

Atas putusan tersebut, baik Eddy Rumpoko dan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ang menuntut terdakwa 8 tahun 6 bulan penjara, menyatakan pikir-pikir.

Sebelumnya, Eddy Rumpoko juga pernah ditangkap KPK karena dianggap menerima suap Rp295 juta dan satu mobil Toyota Alphard senilai Rp1,6 miliar dari seorang pengusaha Filiput Djap, terkait proyek di lingkungan Pemkot Batu.

Karena itu, Ketua Majelis Hakim H.R Unggul Warso Murti memberikan putusan 3 tahun penjara, denda Rp300 juta subsider 3 bulan kurungan. Hakim juga meminta agar Eddy Rumpoko mengganti uang Rp300 juta, apabila tidak dibayar maka diganti 3 bulan kurungan.

Tidak terima dengan putusan Hakim, JPU banding. Eddy Rumpoko pun diputus pidana penjara 3 tahun dan 6 bulan. Terdakwa juga di denda Rp200 juta, dengan ketentuan apabila pidana denda tersebut tidak dibayar maka harus diganti dengan pidana kurungan selama 3 bulan.

Eddy Rumpoko yang tidak terima kemudian kasasi. Hasilnya, suami Dewanti Ruparin Diah diputus pidana penjara selama 5 tahun 6 bulan. Anak pasangan Brigjen TNI (Purn) Sugiyono dan Egnie Rumambe Sugiyono ini pun di denda Rp200 juta, subsider 3 bulan kurungan.

JPU KPK Arif Usman, SH. MH mengaku, putusan gratifikasi ini berlaku setelah Eddy Rumpoko sudah menjalani hukuman dalam perkara pertama, tahun 2018 lalu. “Pidana korupsi yang pertama akan ditambah perkara gratifikasi yang baru saja diputus majelis hakim,” singkatnya usai sidang. (SA)

Kejari Pekalongan Tahan 2 Tersangka Korupsi Pupuk
WNA Ukraina, Pembobol BRI Divonis 3 Tahun Penjara