Dokter Devina Notoatmodjo Dituntut 1 Bulan Divonis Bebas

Dokter Devina Notoatmodjo Dituntut 1 Bulan Divonis Bebas

suarahukum.com - Devina Notoatmodjo (32) Dokter Rumah Sakit (RS) Siloam Hospitals Surabaya, oleh Ketua Majelis Hakim Matius Samiaji divonis bebas. Ibu satu anak ini dinyatakan bebas karena dianggap tidak terbukti melakukan pemalsuan surat yang terkandung dalam Pasal 263 ayat 2 KUHP.

"Terdakwa (Devina Notoatmodjo) dibebaskan dari segala dakwaan maupun tuntutan Jaksa, lantaran tidak terbukti tindak pidana Pasal 263 ayat 2 KUHP," ujar Matius, di ruang sidang Tirta 1 Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Selasa (14/2/2017).

Mendengar putusan tersebut,  warga Jalan Sambi Sari Indah Surabaya yang sama sekali tidak pernah ditahan kejaksaan terlihat senang. Bahkan, Jaksa Ali Prakosa dari Kejaksaan Negeri Surabaya, yang sebelumnya menuntut terdakwa dengan hukuman 1 tahun penjara mendengar putusan tersebut juga senang. "Terima," singkat Jaksa Ali pada hakim.

Perlu diketahui, Devina Notoatmodjo tidak lain mantan suami Arnold Boby Soehartono. Dari pernikahan, keduanya dianugrahi seorang putra dan disepakati bakal diberi nama Jonathan Arvin Kwee. Belum genap setahun usia pernikahan, Devina dan Arnold akhirnya bercerai, anaknya pun akhirnya diasuh oleh Devina.

Karena membutuhkan akte kelahiran, tanpa sepengetahuan Arnold, Devina memalsu tanda tangan mantan suaminya, kemudian mendatangi kantor Kelurahan Pradah Kali Kendal Surabaya, untuk meminta surat pengantar pecah Kartu Keluarga (KK) dan penerbitan akte kelahiran George Washington. Akte kelahiran atas nama George Washington pun akhirnya diterbitkan oleh kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya.

Perbuatan Devina akhirnya terendus saat Arnold mengurus akta cerai di kantor Dispendukcapil Kota Surabaya. Saat itu, Arnold merasa kesulitan mengurus akta cerai karena database catatan sipil masih tercatat bahwa dirinya masih berstatus suami Devina. Selain itu, Arnold juga mengalami kesulitan dalam pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Paspor, dan Kartu Keluarga (KK).

Arnold juga merasa kecewa lantaran kesepakatan memberi anak bernama Jonathan Arvin Kwee berubah menjadi George Washington. Arnold juga menganggap, saat bekerja sebagai dokter di RS Siloam, mantan istrinya Devina saat menjabat sebagai Head of Business Development Division RS Siloam, telah mendepaknya keluar. Karena semua itu, Devina Notoatmodjo kemudian dipidanakan. (Am)

Jaksa Segera Penjarakan Penipu PT TEMAS Rp 10 Miliar
Mafia Proyek Gedung DPRD Madiun Dituntut Ringan