Dibawah 17 Tahun Dilarang Bawa Motor ke Sekolah

Dibawah 17 Tahun Dilarang Bawa Motor ke Sekolah

suarahukum.com - Satlantas Polresrabes Surabaya terus mensosialisasikan akan pentingnya tertib berlalu lintas di jalan raya. Kali ini, dipimpin AKBP Eva Guna Pandia, mendatangi SMK Negeri 1 Surabaya, Senin (15/7/2019).

“Kami sengaja mendatangi pelajar SMK Negeri 1 Surabaya, karena ada yang baru masuk kelas 1. Pelajar baru agar dapat mengetahui pentingnya keselamatan dalam kendaraan. Karena, kecelakaan didomimasi oleh pengendara yang kerapkali melanggar aturan lalu lintas dan berusia produktif juga kaum milenial,” kata Kasat Lantas Polrestabes Surabaya, AKBP Eva Guna Pandia.

Menurut Pandia, pelajar yang dibawah usia 17 tahun, maka tidak diperbolehkan mengemudi kendaraan bermotor ke sekolah. “Namun apabila nantinya mereka sudah 17 tahun keatas baru bisa mendapatkan SIM,” ujarnya.

Selain sosialisasi Undang-undang No 22 Tahun 2019, petugas juga menyampaikan tentang bahaya narkoba, karena saat ini banyak beredar sabu, ganja serta pil koplo beredar dikalangan pelajar. Disamping natkotika, juga bahaya minuman keras. “Karena narkoba dan minuman keras itu membuat daya pikir penggunanya akan menurun dan memperbodoh mereka, ini juga disampaikan petugas ke murid baru,” jelas Pandia, juga menyampaikan agar penggunaan gadged dalam kemajuan Informasi Teknologi (IT) lebih bijaksana,

Dalam kesempatan yang sama, Satlantas Polrestabes Surabaya juga mengenalkan aplikasi ‘Jogo Suroboyo’, di mana aplikasi itu sangat banyak membantu masyarakat Surabaya. “Salah satunya, apabila nanti mereka mau mendaftar SIM online bisa melalui Jogo Surabaya lalu masuk ke Satlantas, disitu ada pendaftaran online. Kemudian dapat melaksanakan latihan ujian praktek,” tambah Pandia.

Dan yang paling terpenting juga disampaika, agar mereka juga jangan gampang terhasut berita berita berita yang tidak benar (Hoax). "Karena, kewajiban murid baru adalah belajar dan belajar,” pungkas Pandia. (Am)

Pacar Farid Ali Ngaku Diperas Polisi Rp 130 Juta
Jukir asal Bangkalan Ditangkap Simpan Sabu-Sabu