Bupati & Wakil Bupati Sumenep Diperiksa Kejati Jatim

Achmad Fauzi Wakil Bupati Sumenep di kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim, Selasa, (7/11/2017) sore.

Bupati & Wakil Bupati Sumenep Diperiksa Kejati Jatim

suarahukum.com - Setelah menjalani pemeriksaan di kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim, Achmad Fauzi Wakil Bupati Sumenep, Madura terlihat santai dan tersenyum. Achmad Fauzi diperiksa penyidik, Pidsus Kejati Jatim terkait dugaan korupsi di PT Wira Usaha Sumekar (WUS).

Saat ditanya wartawan, Achmad Fauzi mengaku ada beberapa pertanyaan dari penyidik, dan pemeriksaan hanya soal hutang piutang saja. "Ada lima pertanyaan, tadi hanya diperiksa terkait hutang piutang saja," akunya didepan Kantor Kejati Jatim, Selasa, (7/11/2017) sore.

Sementara, Kasi Penkum Kejati Jatim, Richard Marpaung menjelaskan, bahwa Achmad Fauzi diperiksa sebagai saksi adanya tindak pidana korupsi di PT WUS. "Sebelumnya ada laporan BPK terkait adanya PT WUS, dimana kami sebelumnya sudah menahan Dirutnya Sitrul Arsy Musa'ie, dimana ada kerugian negara sebesar Rp 3,9 miliar," jelasnya pada wartawan.

Pemeriksaan saksi, lantaran Achmad Fauzi ada kepemilikannya saham 10 persen di PT MMI yang memiliki saham 24,20 persen di PT WUS. "Dia (Achmad Fauzi) diperiksa sebagai saksi, atas kepemilikannya saham, dan adanya penyelewengan dana participacing interest (PI) atau suntikan modal dari APBD Kabupaten Sumenep yang merugikan negara sekitar Rp 3,9 miliar," lanjut Richard Marpaung.

Selain Wabup Sumenep, Penyidik juga memeriksa Bupati Sumenep Abuya Busyro Karim sebagai saksi. "Tadi Bupatinya juga diperiksa sebagai saksi," pungkas Richard. (Am)

Gelapkan Uang Perusahaan, Satu Keluarga Digugat dan Dipidanakan
Hendri Sutiono Suplay 500 Butir Zenith Carnophen ke Banjarmasin