Bill Of Quantity dan RAB Pasar Keputran Banyak yang Tidak Dikerjakan

Bill Of Quantity dan RAB Pasar Keputran Banyak yang Tidak Dikerjakan

suarahukum.com - Revitalisasi Pasar Keputran Utara, dengan modal tahun 2016 sebesar Rp. 1.523.366.585, tidak dikerjakan secara maksimal.

Penelusuran suarahukum.com, pada Bill Of Quantity dan RAB banyak yang belum selesai dan tidak dikerjakan, diantaranya pekerjaan plesteran seluas 357.88 meter persegi, pekerjaan acian seluas 1,431.71 meter persegi, pekerjaan benangan seluas 1,000.00 meter persegi, pekerjaan keramik lantai ukuran 40x40 Drop off lantai 2 seluas 26.40 meter persegi, pekerjaan railling utama area parkir 70.00 meter, pekerjaan railling ramp 23.76 meter, pekerjaan divider ramp 26.88 meter, dan pekerjaan floor drain 15 titik.

Adapun pekerjaan yang amburadul diantaranya, pekerjaan kolom, pekerjaan balok dan pekerjaan plat lantai sebagian belum terselesaikan. Serta pada urugan dan pengecoran juga tidak sesuai dengan spesifikasi pekerjaan.

Karena itu, Anggota Komisi C Kota Surabaya, Vinsensius Awey meminta agar pemeriksaan mulai dari PD Pasar Surya, kontraktor CV Inter Nusa Konstruksi, dan pihak lain yang bersangkutan. "Jika memang terjadi korupsi atas proyek revitalisasi, perlu dilakukan pemeriksaan lebih intensif lagi, guna mencari titik keruwetan yang ada. Semua pihak apakah oknum pengelola PD Pasar Surya, kontraktor, dll," katanya.

Jika dalam pemeriksaan intensif ditemukan penyelewengan, lanjut Awey, perlu adanya penindakan tegas tanpa pandang bulu. Tujuannya, agar tidak menjadi preseden yang buruk dikemudian hari. "Kalau nantinya terbukti adanya pihak-pihak yang melakukan penyimpangan (korupsi) secara terorganisir, maka perlu ditindak tegas tanpa pandang bulu," tegasnya.

Meski jadi sorotan, Plt Dirut PD Pasar Surya Bambang Parikesit enggan menanggapinya.

BACA JUGA: Revitalisasi Miliaran Pasar Keputran Terendus Korupsi

Untuk diketahui, CV Inter Nusa Konstruksi memenangkan tender yang diadakan Satuan Kerja (Satker) Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya untuk mengerjakan Pembangunan Proyek Revitalisasi Pasar Keputran Utara. Anggaran tahun 2016 juga tidak sedikit, dari nilai HPS sebesar Rp. 1.726.238.000, Pemenang lelang CV Inter Nusa Konstruksi menawar dengan nilai terkoreksi sebesar Rp. 1.523.366.585.

Dalam kurun waktu pengerjaan selama 75 hari, dimulai dari saat penandatanganan kontrak antara pemenang lelang CV Inter Nusa Konstruksi dengan Satker PD Pasar Surya, tertanggal 19 Oktober 2016 banyak item pekerjaan yang belum terselesaikan dan amburadul. (eR)

Gara-gara Hajar Anggota Satpol PP, Pedagang Kejawen Divonis 8 Bulan
Hak Jawab Terdakwa Hartono & Widia