6 Hari Satlantas Polrestabes Surabaya Tilang 13 Ribu Pengendara

6 Hari Satlantas Polrestabes Surabaya Tilang 13 Ribu Pengendara

suarahukum com - Dalam enam hari giat Razia Operasi Zebra Semeru 2018, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Surabaya, berhasil tilang 13.000 pelanggar lalu lintas dijalan.

Kali ini giat digelar gabungan bersama Polisi Militer (POM) TNI AL, petugas Garnisun Tetap III/Surabaya, Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya dan hakim serta panitera Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, dijalan Raya Darmo (depan taman bungkul) Surabaya, Senin (05/11/2018).

Dalam giat Operasi tersebut dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Polrestabes Surabaya, AKBP Eva Guna Pan Pandia. "Selama enam hari Polrestabes Surabaya menilang 13.000 (tiga belas ribu) lebih pelanggar yang meliputi dari kendaraan roda empat maupun roda dua," ucapnya, pada awak media.

AKBP Eva Guna Pan Pandia menambahkan, bahwa dari pelanggaran tersebut pihaknya mengaku telah mengamankan sejumlah pelanggar. Diantaranya Pelanggaran yang paling menonjol meliputi perlengkapan surat kendaraan bermotor, pengemudi menggunakan handphone, melawan arus, sepeda motor berboncengan lebih dari dua, dibawah umur, tidak menggunakan helm SNI, menggunakan narkoba, serta mengendarai kendaraan melebihi batas kecepatan.

"Ada tujuh item pelanggaaran itu, oleh jaksa dan panitra semua pelanggar-pelanggar ini bisa langsung melaksanakan sidang di tempat, jadi mereka bisa langsung membayar denda dan barang bukti yang berhasil kita tilang tadi bisa langsung diambil juga pada saat selesai sidang," tambah Pandia.

Sementara, Komandan Unit SatPom Garnisun Kagartap III/Surabaya Pelda Hartono, mengatakan bahwa dalam operasi yang dipimpin Korps Bhayangkara ini, TNI juga diikut sertakan tidak lain untuk membantu mengamankan pelanggar lalu lintas yang berasal dari unsur TNI. "Seperti tidak memiliki SIM, keluar markas tanpa izin," kata Hartono.

Selain itu, menurutnya bahwa ia tidak akan segan-segan akan menindak sejumlah masyarakat yang sengaja memakai atribut TNI, baik yang dikenakan berupa seragam maupun simbol. Dan barang tersebut akan diamankan. "Kita akan sita, bukan petugas militer kok, dan akan kita buatkan berita acara penyitaan," tutupnya. (Am)

Tahanan Judi Polrestabes Surabaya Tewas
Siti Nur Anna Pemiik Sabu 2.39 Gram Diputus 2 Tahun Penjara