6 Dewan Tersangka Jasmas 2016 Kumpul di Penjara

6 Dewan Tersangka Jasmas 2016 Kumpul di Penjara

suarahukum.com - Tidak ingin dijemput paksa, akhirnya, Ratih Retnowati dan Dini Rinjati mendatangi Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjung Perak Surabaya. Keduanya setelah pemeriksaan, langsung dibawa ke penjara.

Keduanya anggota DPRD Surabaya periode 2014-2019 berkumpul dengan komplotan korupsi lainnya, di Cabang Rutan Klas 1 Medaeng, di Kejaksaan Tinggi Jawa Timur (Kejati Jatim). Diantaranya, Sugito, Darmawan Binti Rochmah dan Syaiful Aidy.

Pada wartawan, Kepala Kejari Tanjung Perak Surabaya, Rachmat Supriady mengatakan para tersangka korupsi hibah Jaringan Aspirasi Masyarakat (Jasmas) tahun 2016, sudah mengondinir proposal dari RT diteruskan ke pemerintah kota melalui Sekwan. Saat ditanya soal pengembangan tersangka lainnya, Rachmat menerangkan bahwa itu semua tergantung dari keterangan dipersidangan.

"Itu tergantung fakta dari persidangan terhadap pemeriksaan 6 orang ini. Ada indikasi terlibat pihak lain, bukti-buktinya kuat dan tentunya akan kita tindak lanjuti," kata Rachmat Supriady, Rabu (4/9/2019).

Seperti diketahui, pelaku utama Jasmas 2016, Agus Setiawan Tjong, sudah menjalani proses persidangan. Ketua Majelis Hakim Rochmad, telah memberikan putusan terhadap terdakwa Agus Setiawan Tjong dengan pidana penjara selama 6 tahun, denda Rp 20 juta, subsider 6 bulan kurungan.

Selain itu, Majelis juga menjatuhkan pidana uang pengganti sebesar Rp 4,9 miliar, subsider 2 tahun penjara. Karena kaberatan, Agus Setiawan Tjong melakukan upaya banding. (Am)

Penjual Narkoba Asal Sidoarjo Dituntut 12 Tahun
Pria Pacar Kembang Tipu Penghobi Tokek Rp 30 Juta