25 Kontainer Mentari Line Diamankan Lantamal V

25 Kontainer Mentari Line Diamankan Lantamal V

suarahukum.com - 25 kontainer Mentari Line berisi pakaian dan sepatu bekas diamankan Lantamal V. Barang selundupan berasal dari China dan Taiwan bernilai puluhan miliar ini, ditemukan KRI Hiu-634 bekerja sama dengan SFQR Lantamal V yang terdiri dari Tim Intel, Diskum sampai Satrol.

"Ada 25 kontainer yang kami sita, juga termasuk Kapal Motor (KM Mentari Cyristal) yang digunakan untuk mengangkut 25 kontainer berisi sejumlah pakaian bekas impor dari China dan Taiwan itu juga kami sita," kata Komandan Lantamal V, Laksamana Pertama TNI AL Edwin, pada awak media, di Balai Prajurit Lantamal V, Kalianak Timur, Krembangan, Surabaya, Rabu (8/8/2018)

Selain mengamankan 25 kontainer, Lantamal V juga mengamankan nahkoda KM Mentari Cyristal Dendi Sobandi beserta 18 ABK.

Saat ditanyas.com, tentang dugaan oknum Bea Cukai yang terlibat dalam hal tersebut, Edwin akan terus mendalaminya. "Tidak ada mas, namun sudah ada yang kami target, dan saat ini masih sedang kami dalami pemilik barangnya, juga siapa dibalik penyelundupan (bekingi) ini," tambahnya.

Para penyelundup barang bekas ini, akan dijerat UU Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan dan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 51 Tahun 2015 tentang larangan mengimpor barang bekas ke Indonesia.Dalam pasal tersebut pelaku terancam hukuman maksimal lima tahun penjara dan denda maksimal Rp 5 miliar. Selain itu, Pasal 323 jo Pasal 219 UU No 17 tahun 2018 tentang Pelayaran. (Am)

Satlantas Polrestabes Surabaya Amankan Puluhan Mobil Bodong
Gelapkan Dana Haji, Direktur PT Global Accses Bebas